Minggu, 05 Desember 2010

CONTOH PTK (V)

PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
(Abah)

Rekan-rekan, pada bagian ini kita akan melihat jawaban hipotesis yang diajukan penulis. Apakah terbukti atau tidak? Juga saran apa yang disampaikan penulis berdasarkan simpulannya. Ingat, Kawan! Simpulan PTK tidak bisa digeneralisasikan. Yuk baca selengkapnya!


BAB V
SIMPULAN DAN SARAN

5.1 Simpulan
Teknik bertukar pasangan ternyata dapat meningkatkan keterampilan membaca ekstensif siswa kelas X 9 SMAN 2 Kota Tasikmalaya . Terbukti dengan hasil rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 78,26 dan nilai rata-rata sikap siswa adalah 7,13. Dengan demikian, hipotesis penulis diterima.
 
5.2 Saran
1.                 Karena teknik bertukar pasangan terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca ekstensif, maka hendaknya teknik ini digunakan oleh para guru yang ingin meningkatkan keterampilan membaca ekstensif para siswanya.Tidak menutup kemungkinan masih ada teknik pemebelajaran membaca ekstensif yang lebih tepat, karena itu penulis mengharapkan ada penelitian lanjutan yang berhubungan dengan teknik-teknik pembelajaran membaca ekstensif.

DAFTAR PUSTAKA


Depdikbud. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Hardjasujana. (2003). Wicara Pamungkas yang Damba Akan Literasi. Bandung: FPBS IKIP Bandung.

Harras dan Lilis Sulistianingsih. (1988). Membaca 2. Jakarta: Universitas Terbuka.

Jamaludin. (2003). Problematik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Adi Cipta Karya Nusa.

Kridalaksana, H. (2001). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Lie, Anita. (2002). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
Nuriyantoro, B. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Nurhadi. (1987). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung: Sinar Baru.

Soedarso. (2001). Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia.

Sudjana S, HD. (2001). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipasif. Bandung: Falah Production.

Surakhmad, W.(1982). Metode Ilmiah. Bandung: Tarsito.

Syah, Muhibbin. (1995). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tarigan, dkk. (1989). Pendidikan Bahasa Indonesia1. Jakarta: Depdikbud.

Tarigan, HG. (1979). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar