Senin, 29 November 2010

UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA


PANDUAN MENGHADAPI UN
Pokoknya si ”Abah”
Terlepas dari pro dan kontra, Ujian Nasional tetap menjadi satu rangkaian dari proses pembelajaran yang paling menakutkan bagi peserta didik. Pro dan kontra terus berlanjut, Ujian Nasional pun terus berjalan sesuai dengan perencanaan matang dari pemerintah via Departemen Pendidikan Nasional. 
Bila dalam keseharian di sekolah, peserta didik menjadikan mata-mata pelajaran eksak sebagai momok, sementara pada langkah terakhir untuk menyelesaikan pendidikan adalah Ujian Nasional. Itulah realita yang ada. Realita yang tidak bisa ditolak oleh pihak penyelenggara pendidikan dan peserta didik. Memang banyak keuntungan dan kerugian dengan adanya Ujian Nasional, tapi bukanlah bagian penulis membahasnya. Di sini, penulis hanyalah akan memberikan sedikit bekal bagi peserta didik dan rekan guru bahasa Indonesia untuk menghadapi Ujian Nasional, khususnya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia
Bagi para guru, semacam penulis, sangatlah mubazir untuk terus ikut campur, melibatkan diri dalam polemik. Mendingan mempersiapkan anak-anak untuk siap dan tegar menghadapi Ujian Nasional. Untuk peserta didik, persiapkan dan tegarkan diri kalian menghadapinya. Penulis yakin, kalian dengan bekal keseriusan belajar, mengikuti proses pembelajaran yang dibimbing dan dimotivasi oleh guru-guru kalian yang semakin profesional, kalian akan mampu menghadapi Ujian Nasional. Iya, kan?
Untuk itulah penulis menyajikan bahan yang mudah-mudahan bisa dijadikan panduan untuk menghadapinya. Berikut penulis sajikan ringkasan materi, contoh, dan soal-soal yang sejalan dengan Ujian Nasional. Semuanya penulis sajikan sesuai dengan SKL-nya. Oke, sudah siap kan? Yuk, kita mulai dengan SKL yang pertama. Awas lho, jangan lupa kalian berdoa sebelum membaca agar senantiasa digampangkan oleh Alloh.
SKL 1
Siswa mampu membaca dan memahami berbagai jenis wacana nonsastra serta menanggapi secara kritis berbagai ragam wacana yang berupa table, grafik, laporan pengamatan/percobaan, artikel ilmiah, hasil penelitian, resensi, dan berbagai jenis paragraf.
Ruang Lingkup Materi dan Pelatihan
A. Gagasan Utama
Gagasan utama/ide pokok/gagasan pokok adalah permasalahan inti yang dibicarakan dalam sebuah paragraf. Gagasan pokok merupakan jawaban dari pertanyaan, apakah yang dibicarakan dalam paragraf tersebut? Gagasan pokok bisa berwujud kalimat utama dan bisa berwujud pikrian utama. Melihat letaknya, gagasan pokok bisa di awal paragraf (deduktif), di akhir paragraf (induktif), bisa di awal dan dipertegas di akhir paragraf (variatif), bisa juga terletak pada semua kalimat paragraf tersebut (deskriptif). Sebuah paragraf terbentuk oleh gagasan pokok dan gagasan penjelas.
Paragraf yang baik hanya mengandung satu gagasan pokok dan beberapa gagasan penjelas. Gagasan penjelas merupakan gagasan-gagasan yang bersifat menjelaskan atau menguatkan gagasan pokok. Semua gagasan penjelas harus disusun secara koheren atau harmonis. Keharmonisan sebuah paragraf diakibatkan oleh adanya hubungan yang jelas antarkalimat yang ada dalam paragraf tersebut. Dilihat dari isi dan tujuannya, paragraf terdiri atas paragraf eksposisi, narasi, persuasi, argumentasi, dan deskripsi.
Eksposisi adalah paragraf yang berisi informasi dan penjelasan tentang sesuatu agar orang yang tidak tahu menjadi tahu. Narasi adalah paragraf yang berisi cerita tentang suatu kejadian atau peristiwa secara kronologis agar pembaca tersentuh atau terhibur. Persuasi adalah paragraf yang berisi ajakan, rayuan, atau pendekatan yang disertai contoh dan bukti atau alasan agar pembaca terpengaruh dan mau mengikuti keinginan penulis. Argumentasi adalah paragraf yang berisi tentang sesuatu yang disertai alasan yang kuat dan logis, bukti-bukti agar pembaca merasa yakin akan kebenaran sesuatu itu. Deskripsi adalah paragraf yang memerinci suatu keadaan secara emosional agar pembaca seolah-olah merasa, melihat, dan mengalami sendiri keadaan tersebut.
Contoh 1
Kosa kata memegang peranan dan merupakan unsur yang paling mendasar dalam kemajuan berbahasa, hususnya dalam karang-mengarang. Jumlah kosa kata yang dimiliki seseorang akan menjadi petunjuk tentang pengetahuan seseorang. Di samping itu jumlah kosa kata yang dikuasai seseorang, akan menjadi indikator bahwa orang itu mengetahui semakin banyak konsep. Semakin banyak kata yang dikuasai, samakin banyak pula pengetahuannya.
Paragraf di atas merupakan paragraf deduktif karena gagasan pokoknya terletak di awal paragraf, yaitu kosa kata memegang peranan dan merupakan hal yang mendasar dalam kemampuan berbahasa, khususnya dalam karang-mengarang. Gagasan pokok tersebut diperjelas oleh gagasan-gagasan penjelas yakni jumlah kosa kata yang dimiliki seseorang menjadi petunjuk pengetahuan seseorang; jumlah kosa kata yang dikuasai seseorang menjadi indikator jumlah konsep yang dimiliki seseorang; semakin banyak kata yang dikuasai seseorang, semakin banyak pengetahuan seseorang.
Contoh 2
Bagi seorang anak mempelajari bahasa Indonesia di sekolah tidak menjadi halangan untuk memantapkan penguasaan bahasa daerahnya. Sepulang sekolah, anak akan kembali menggunakan bahasa daerahnya, baik dalam pergaulan dengan teman maupun dengan orang tuanya. Mereka lebih akrab dengan menggunakan bahasa daerah. Di kelas maupun di luar kelas unsur bahasa daerah tetap masuk pada diri si anak. Apalagi bila ditambah oleh gurunya yang juga seorang penutur asli bahasa daerah. Itulah faktor-faktor yang membuat keterampilan berbahasa daerah seorang anak melaju dengan cepat.
Paragraf di atas merupakan paragraf induktif karena gagasan pokoknya terletak di akhir paragraf, yaitu faktor-faktor yang membuat keterampilan berbahasa daerah seorang anak melaju dengan cepat. Gagasan-gagasan sebelumnya merupakan gagasan penjelas.
Contoh 3
Peningkatan taraf pendidikan petani sama pentingnya dengan usaha peningkatan taraf hidupnya. Petani yang bependidikan cukup akan mampu mengubah sistem pertaniannya dengan baik. Bercocok tanam yang tadinya hanya untuk kebutuhan sendiri akan diubahnya menjadi kebutuhan pangan; menjadi petani yang produktif. Mereka akan mampu menunjang pembangunan. Mereka akan mampu memberikan umpan balik yang setimpal terhadap perencana pembangunan. Karena itu, peningkatan taraf pendidikan para petani sangat diperlukan dan mendesak.
Paragraf di atas merupakan paragraf variatif atau campuran karena gagasan pokoknya terletak di awal paragraf dan dipertegas di akhir paragraf, yaitu peningkatan taraf pendidikan petani sama pentingnya dengan usaha peningkatan taraf hidupnya. Gagasan tersebut diulang atau dipertegas di akhir paragraf yaitu karena itu peningkatan taraf pendidikan petani sangat diperlukan dan mendesak.
Contoh 4
Ramainya keruyuk ayam bersahutan mulai berkurang. Semakin lama semakin langka. Akhirnya hanya terdengar satu-satu saja kokok nyaring ayam tersebut. Ayam-ayam itu mulai meninggalkan kandangnya. Mereka pergi ke pelataran rumah. Suara arus lalu lintas di jalan raya mulai ramai meraung-raung, menggila kembali pada keadaan seperti kemarin siang. Klakson motor, mobil, dan jeritan kereta api sudah membisingkan telinga dan menerobos ke bilik-bilik rumah di sepanjang jalan itu. Mulai terdengar sayup-sayup suara para pedagang menjajakan dagangannya. Suara sayup-sayup itu akhirnya menjadi jelas dan makin ramai.
Paragraf di atas meupakan paragraf deskriptif karena gagasan pokoknya tersirat pada setiap kalimat paragraf tersebut. Suasana pagi hari dilukiskan oleh setiap kalimat yang ada. Dengan demikian, gagasan utamanya tersebar pada seluruh kalimat yang membangun paragraf tersebut.
Contoh 5
Mata seseorang bisa saja mengalami gangguan. Gangguan tersebut faktornya bisa dari luar, bisa juga dari dalam. Faktor dari luar misalnya akibat sengatan matahari, TV, komputer, dsb. Faktor dari dalam misalnya akibat kekurangan vit A. Selain itu, efek samping obat juga bisa mengganggu mata.
Paragraf di atas tergolong eksposisi karena berisi informasi tentang faktor-faktor yang menyebabkan gangguan pada mata. Tentu saja tujuannya agar pembaca berhati-hati menjaga matanya.
Contoh 6
Puncak gunung yang hijau menambah indahnya pemandangan di sana. Air jernih yang mengilap bagaikan kaca disinari matahari. Di tepi danau, tampak pohon-pohon dan bunga-bungaan beraneka ragam jenis, beraneka warna. Udara yang segar dari gunung dan danau ditambah tiupan semilir angin menambah kebugaran siapa pun yang berada di sana.
Paragraf di atas tergolong deskripsi karena berisi rincian atau lukisan keadaan dan suana di pinggir danau.
Contoh 7
Saya kembali beradu pandang dengannya di pintu masuk. Tatapannya jelas menyiratkan sapaan khusus. Mungkin dia bertanya-tanya. Saya memperhatikan tahi lalatnya. Ada sebersit uban dirambutnya yang berombak. Lalu saya merasakan sama-sama menahan senyum waktu ia berdiri di sebelah penjaga pintu.
Paragraf di atas tergolong narasi karena menceritakan suatu kejadian yang disusun secara kronologis sehingga menjadi sebuah cerita yang menarik.
Contoh 8
Pemerintah akhinya menyetop penerimaan mahasiswa baru IPDN selama satu tahun. Hal ini akibat kecerobohan dan kekerasan yang terjadi di kampus tersebut sehingga kematian mahasiswa kembali terulang. Para orang tua banyak yang bergembira dengan keputusan tersebut karena mereka tidak mau anak-anaknya menjadi korban kekerasan. Tidak sedikit para ahli berpendapat, bahkan banyak yang mengusulkan IPDN dibubarkan. Mendiknas malah menilai bahwa IPDN jelas-jelas melanggar UU Sisdiknas. Sebagai contoh, sebagai sebuah institut seharusnya menghasilkan sarja tetapi IPDN hanya menghasilkan D3.
Paragraf di atas tergolong argumentasi karena berisi pernyataan-pernyataan yang disertai dengan alasan atau bukti-bukti yang meyakinkan sehingga pembaca pun merasa yakin bahwa pembekuan penerimaan mahasiswa baru di IPDN selama satu tahun merupakan tindakan pemerintah yang tepat.
Contoh 9
Perkembangan teknologi informasi tentu saja memberikan pengaruh. Pengaruh tersebut bisa positif, bisa juga negatif. Perkembangan internet, misalnya dapat memberikan pengaruh positif seperti begitu gampang mencari informasi yang diperlukan. Tapi betapa tidak sedikit pengaruh negatifnya. Tidak sedikit para pengguna jasa internet yang menyalahgunakan fungsi dan peran internet. Para remaja begitu gampang mencari sesuatu yang birsifat merusak moral. Dengan membuka situs-situs porno misalnya. Kita tidak bisa menolak perkembangan tersebut. Yang penting, berhati-hatilah dalam penggunaannya. Perkuat keimanan kita dan mari kita gunakan jasa internet untuk hal yang positif.
Paragraf di atas tergolong persuasi karena berisi ajakan kepada pembaca untuk memperkuat iman dan menggunakan jasa internet untuk hal yang positif disertai dengan contoh-contohnya.
Pelatihan
  1. Kartu katalog memuat keterangan tentang buku yang terdapat di perpustakaan. Kartu tersebut berukuran 7,5 x 12,5 cm. Kartu katalog disusun berdasarkan urutan nama-nama pengarang secara alfabetis. Dalam kartu katalog dicantumkan judul buku dan pokok uraian buku.
Ide pokok paragraf di atas adalah....
a. buku di perpustakaan
b. ukuran kartu katalog
c. keterangan buku di perpustakaan
d. penyusunan kartu katalog
e. kartu katalog
  1. Industri perkapalan siap memproduksi jenis kapal untuk mengganti kapal yang akan dibesituakan. Tetapi kemampuan mereka terbatas. Kalau dalam waktu yang singkat harus memproduksi kapal sebanyak yang dibesituakan, jelas industri dalam negeri tidak akan mampu. Untuk meningkatkan kemampuan ini memerlukan waktu. Sebaiknya hal ini dilakukan secara bertahap.
Dilihat dari letak kalimat utamanya, paragraf di atas tergolong jenis paragraf....
a. induktif
b. deduktif
c. variatif
d. deskriptif
e. campuran
  1. Manusia lahir dari suatu masyarakat yang mempunyai sejarah dan tradisi. Ia merupakan individu yang mau tidak mau harus mewarnai seperangkat nilai tradisional. Namun dalam proses kedewasaan ia akan menghadapi kenyataan yang selalu berubah. Suatu realitas kehidupan yang menyuguhkan tantangan yang berbeda, baik skala maupun dimensinya.
Kalimat yang bukan merupakan gagasan penjelas paragraf di atas adalah...
a. Manusia lahir dari suatu masyarakat yang memiliki sejarah dan tradisi.
b. Manusia merupakan individu.
c. Manusia harus mewarnai seperangkat nilai tradisional.
d. Dalam proses kedewasaan manusia menghadapi kenyataan yang selalu berubah.
e. Realitas kehidupan menyuguhkan tantangan yang berbeda.
  1. 1. Makasudnya, selalu tergantung pada pasaran produk agraris tersebut.
2. Hal ini kadang-kadang diciptakan oleh negara-negara yang kuat ekonominya.
3. Perekonomian agraris memang memiliki beberapa kelemahan.
4. Perekonomian agraris antara lain tidak dapat mandiri.
5. Kalau pasaran lesu, perekonomian agraris ikut lesu.
6. Padahal kelesuan ini tidak selalu merupakan siklus ekonomi yang alamiah.
Agar menjadi paragraf yang koheren, keenam kalimat di atas harus disusun sebaga berikut....
a. 3,4,1,5,6,7
b. 5,6,2,3,4,1
c. 3,5,6,2,4,1
d. 5,2,3,4,1,7
e. 1,2,3,7,6,5
  1. Bacaan yang baik untuk anak berisi contoh yang baik-baik pula. Cara yang dapat dilakukan dengan menampilkan tokoh kartun, boneka, badut yang lucu tetapi mengandung unsur pendidikan. Tokoh binatang yang cerdik pun dapat pula menampilkan pesan moral.
Dilihat dari isinya, paragraf di atas tergolong jenis paragraf....
a. eksposisi
b. deskripsi
c. persuasi
d. narasi
e. argumentasi
B. Membuat dan Menjawab Pertanyaan Isi Paragraf
Membuat dan menjawab pertanyaan maksudnya adalah membuat pertanyan dan menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks. Untuk mengetahui daya pemahaman seseorang terhadap isi teks perlu adanya pengujian. Alat untuk menguji tersebut adalah berupa pertanyaan-pertanyaan.
Sebuah pertanyaan dapat menggunakan kata-kata tanya apa (untuk benda), siapa (untuk orang), di mana (untuk tempat), kapan, bila, bilamana (untuk waktu), berapa (untuk jumlah), mengapa (untuk alasan), dan bagaimana (untuk proses atau cara, keadaan).
Pertanyaan harus dibuat secara lengkap, singkat, jelas, dan sesuai dengan isi bacaan sehingga orang yang akan menjawab mudah menerjemahkan maksud pertanyaan dan mencari jawabannya.
Contoh
Sudah ada ide tetapi sukar untuk menuangkannya dalam tulisan karena mereka dihadapkan pada berbagai persoalan. Mereka susah menentukan, masalah apa yang akan ditulis; berapa panjangkah karangannya?. Hal itu diakibatkan oleh keringnya pengetahuan terhadap topik yang akan dibicarakan. Demikianlah pengalaman seseorang pada awal belajar menulis.
Petanyaan
Mengapa seseorang sukar menuangkan idenya, susah menentukan masalah yang dibicarakan pada awal belajar menulis?
Jawaban
Karena seseorang kering pengetahuan terhadap topk yang akan dibicarakan.
Jawaban tersebut tepat karena, pertama sesuai dengan isi bacaan. Kedua jawaban diawali dengan karena, sebab pertanyaannya mengapa, menanyakan alasan/sebab.
Pelatihan
Masyarakat Jembrana sejak pekan lalu mulai kesulitan memperoleh solar. Selain pengiriman dari Denpasar terlambat, kesulitan tersebut diakibatkan pula oleh peningkatan kebutuhan masyarakat setempat. Saat ini, di sekitar pantai Jembrana sedang musim tangkapan ikan serta penanaman udang. Oleh karena itu, perahu-perahu serta mesin kincir tambak membutuhkan solar dalam jumlah besar.
1. Pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah...
a. Mengapa masyarakat Jembrana sejak pekan lalu mulai kesulitan memperoleh solar?
b. Siapakah yang mengatakan solar tidak diperjualbelikan di Jembrana?
c. Selain dari Denpasar, dari mana lagi masyarakat Jembrana memperoleh solar?
d. Mengapa masyarakat Jembrana saat ini sedang musim tangkap ikan serta penanaman udang?
e. Bahan bakar apakah yang dapat dipergunakan sebagai pengganti solar untuk penggerak kincir?
2. Pertanyaan:
Mengapa perahun dan kincir tambak saat ini membutuhkan solar dalam jumlah besar?
Jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah...
a. Masyarakat Jembrana sedang kekurangan solar.
b. Karena saat ini di pantai Jembrana sedang musim tangkap ikan dan penanaman udang.
c. Saat ini di pantai Jembrana sedang musim tangkap ikan dan pananaman udang.
d. Karena perahu di Jembrana saat ini sedang banyak dipergunakan.
e. Penggunaan perahu dan tambak udang sangat membutuhkan solar dalam jumlah besar.
C. Fakta dan Opini
Sebuah paragraf dibentuk oleh beberapa kalimat yang saling berhubungan (koheren). Kalimat-kalimat tersebut ada yang mengandung ide pokok dan ada pula yang mengandung ide penjelas. Selain itu, kalimat-kalimat tersebut isinya bisa berupa fakta dan bisa berupa opini.
Fakta adalah adalah kalimat dalam paragraf yang menyatakan sesuatu yang nyata, benar-benar ada dan terjadi, bahkan ada bukti-buktinya. Fakta bisa berupa benda, tempat, waktu, atau jumlah. Karena itu, umumnya fakta merupakan jawaban dari pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, atau barapa. Sedangkan opini merupakan kalimat yang berisi pendapat, pikiran, pendirian, pandangan, atau penilaian seseorang terhadap sesuatu. Karena itu, opini umumnya merupakan jawaban dari pertanyaan bagaimana.
Contoh 1
Tirakatan Budaya merupakan acara yang diadakan oleh para seniman dan budayawan menjelang pergantian abad ke-20, di kompleks Taman Budaya Jawa Tengah, Solo, 12 Desember 2006.
Pernyataan di atas merupakan fakta dari sebuah paragraf karena acara tirakatan benar-benar terjadi dan dapat menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, dan dimana, yakni:
Apakah yang dimaksud tirakatan dalam paragraf di atas?
Siapakah yang melaksanakan acara tirakatan?
Kapan acara tirakatan dilaksanakan?
Di mana acara tirakatan dilaksanakan?
Contoh 2
Bagus dan enak sekali pembacaan puisi yang dilakukan W.S. Rendra pada acara tirakatan budaya tersebut.
Pernyataan di merupakan opini karena penilaian bagus dan enak merupakan hal yang subjektif dan merupakan jawaban dari pertanyaan bagaimana, yakni
Bagaimanakah pembacaan puisi yang dilakukan W.S. Rendra dalam acara tirakatan budaya?
Pelatihan
1. Kalimat yang berupa fakta terdapat pada...
a. Skap keprihatinan mewarnai berbagai ekpresi para seniman muda maupun seniman tua.
b. Penghayatan para seniman yang tampil membawakan karyanya sangat memaukai saya.
c. Mereka mengatakan bahwa mereka merupakan monster bagi diri sendiri di saat reformasi.
d. Pada acara Tiralatan Budaya, Rendra memaparkan kepedihan hatinya tentang kemanusiaan.
e. Acara ini dinilai sangat sukses dan dapat menghbur para pengunjung yang memadati ruangan itu.
2. (1) Setelah Indonesia membatalkan membeli pesawat tempur F- 16 dari AS, Pesawat Mirage 2(XX) dari Francis, dan Mig – 19/Fulcrum, pemerintah memutuskan untuk membeli Sukhoi – 30 dari Rusia. (2) Menurut Habibie, pesawat tempur Sukhoi – 30 memiliki keunggulan, terutama dalam aerodinamikanya. (3) Selanjutnya, beliau mengemukakan bahwa kewenangan untuk memilih pesawat tempur yang akan dibeli berada pada TNI. (4) Untuk menentukan pilihan pesawat tempur yang akan dibeli, kita harus mempetimbangkan harganya, kata Habibie. (5) Akan tetapi menurut Ketua Bappenas, pilihan jenis pesawat tempur pengganti F – 16 akan diumumkan pekan depan.
Opini pada paragraf di atas terdapat pada kalimat nomor....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
D. Konsep dalam Bacaan
Konsep adalah ide atau inti/garis besar pegertian yang abstrak suatu peristiwa atau sesuatu yang yang longkret. Dalam wacana, konsep dapat berupa pernyataan-pernyataan atau penjelasan.
Contoh 1:
Seseorag memberikan penilaian terhadap karya orang lain. Peniliannya tidak hanya bersifat positif tetapi juga negatif karya tersebut. Selain itu, ia pun memberikan saran-saran untuk perbaikan karya tersebut pada masa yang akan datang. Kegiatan orang tersebut disebut kritik.
Konsep tentang kritik berdasarkan ilustrasi di atas adalah:
Kitik adalah kegiatan memberikan pertimbangan baik dan buruk tehadap karya seseorang yang disertai saran-saran dejmi perbaikan pada masa yang akan datang.
Contoh 2:
Kegiatan ini diawali dengan mencatat pokok-pokok permasalahan yang ditemukan dalam bacaan. Setelah itu, masalah-masalah tersbut dihubung-hubungkan dengan menggunakan bahasa sendiri tanpa memperhatikan lagi sistematika bacaan asli. Kadang-kadang ada bagian isi yang tidak termuat dalam tulisan ini. Tulisan semacam ini disebut rangkuman.
Dalam paragraf di atas terdapat konsep tentang rangkuman. Konsep tersebut adalah:
Rangkuman adalah hasil mengelompokkan inti-inti permasalahan dari suatu bacaa yang dikembangkan dengan bahasa sendiri tanpa memperhatikan sistematika dan isi bacaan aslinya.
Pelatihan:
1. Di antara tulisan atau karangan itu ada yang bersifat memapakan atau menjelaskan suatu kejadian atau peristiwa, atau sesuatu dengan sejalas-jelasnya dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada kepada pembaca tentang kejadian, peristiwa atau sesuatu tersebut. Karangan semacam inilah yang dikatakan eksposisi.
Konsep eksposisi berdasarkan paragraf di atas adalah....
a. karangan yang bersifat menjelaskan suatu kejadian secara rinci
b. karangan yang menjelaskan suatu kejadian atau peristiwa, atau sesuatu secara rinci untuk memberikan informasi kepada pembaca
c. karangan yang bersifat mempunyai tujuan menjelaskan sesuatu kepada pembaca
d. karangan yang bertujuan untuk memperjelas dan menginforasikan seasuatu kepada pembaca
e. karangan yang menggambarkan suatu kejadian secara rinci
2. Seseorang yang akan melaksanakan riset pertama-tama menyiapkan berbagai pertanyaan secara tertulis. Pertayaan yang disusun tentu saja sesuai dengan objek yang akan diteliti. Jawaban yang diharapkan berupa tanggapan dari kelompok yang sudah ditentukan. Jawaban tersebut bisa diperoleh melalui pertanyaan tertulis atau melalui wawancara. Alat survei seperti itulah yang disebut dengan kuesioner.
Konsep kuesioner berdasarkan ilustrasi di atas adalah....
a. seseorang yang akan melakukan riset terhadap kelompok tertentu
b. jawaban pertanyaan terhadap hal yang akan diteliti
c. alat riset yang berupa daftar pertanyaan tertulis untuk kelompok tertentu
d. persiapan catatan yang dilakukan seorang peneliti yang berupa pertanyaan
e. pertanyaan dan jawaban yang disusun sewaktu seseorang melakukan riset terhadap kelompok tertentu.
E. Judul Bacaan
Judul merupakan nama atau label sebuah tulisan Pemberian judul harus memperhatikan isi, menarik, mudah diingat, sugestif, singkat, berupa kata atau frase. Selain itu, penulisan judul harus memperhatikan kaidah EYD. Judul harus ditulis dengan menggunakan huruf kapital semua atau huruf kapital pada fonem aal setiap unsur judul tersebut kecuali kata tugas yang disimpan di tengah judul; judul tidak boleh diakhiri oleh tanda baca; bila dipenggal, pemenggalan harus sesuai dengan frasenya.
Contoh:
Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma
PENCEMARAN LINGKUNGAN
DI WILAYAH JEMBATAN LIMA
Sebagai kutipan, judul harus ditulis dicetak miring atau digarisbawahi.
Pelatihan
  1. pencemaran lingkungan di berbagai wilayah indonesia
Bila kelompok kata di atas dijadikan judul bacaan maka penulisannya yang benar adalah....
  1. PENCEMARAN LINGKUNGAN DI BERBAGAI WILAYAH INDONESIA
  2. Pencemaran lingkungan di berbagai wilayah Indonesia
  3. Pencemaran Lingkungan di Berbagai Wilayah Indonesia.
  4. Pencemaran Lingkungan Di Berbagai Wilayah Indonesia
  5. Pencemaran Lingkungan di Berbagai wilayah Indonesia
  1. Siswa SMA harus menguasai kemampuan membaca pemahaman karena kemampuan ini bermanfaat untuk membantu mereka meningkatkan prestasi belajar. Dengan kemampuan ini, mereka pun dapat mempercepat penyeleesaian membaca suatu bahan bacaan. Dengan kemampuan ini pula mereka akan terlatih kecepatan berpikirnya.
Judul yang tepat untuk bacaan di atas adalah....
  1. Manfaat Membaca Pemahaman Dilihat dari Berbagai Segi bagi Siswa SMA
  2. Manfaat Membaca Pemahaman bagi Siswa SMA
  3. Manfaatkan Membaca Pemahaman Bagi Siswa SMA!
  4. Beberapa di Antara Manfat Membaca Pemahaman bagi Siswa SMA
  5. Manfaat Membaca Pemahaman bagi Siswa
F. Menanggapi Isi Bacaan
Sebuah pembicaraan atau bahan bacaan tidak sedikit menimbulkan bahan pembicaraan yang lain, baik yang pro maupun yang kontra. Pembicaraan tersebut sering dikenal dengan istilah tanggapan. Tanggapan terhadap isi bacaan merupakan pemberian komentar terhadap permasalahan inti yang dibahas dalam bacaan. Tanggapan bisa berupa tanggapan positif dan negatif. Tanggapan positif adalah komentar yang sifatnya mendukung, menguatkan, atau mengiayakan isi bacaan. Sedangkan tanggapan negatif merupakan komentar yang sifatnya melemahkan, menolak, atau meniadakan isi bacaan. Selain itu, tanggapan bisa diberikan dari berbagai segi atau sudut pandang, misalnya agama, sosial, poltil, bahasa, dan sebagainya. Tanggapan yang diberikan harus memnuhi syarat logis dan beralasan, selain harus sesuai dengan inti masalah.
Contoh:
Membaca pemahaman sangat penting dibandingkan dengan kemampuan berbahasa lainnya. Misalnya kemampuan mendengarkan. Mendengarkan sesuatu sangatlah terbatas jangkauannya oleh ruang dan waktu. Tetapi dengan membaca pemahaman, orrang dapat melakukannya di mana dan kapan saja, serta dapat dilakukan sewaktu dan dengan cepat kita memperoleh informasi yang diperlukan.
1. Tanggapan positif:
Memang benar membaca pemahaman begitu efektif dilakukan untuk memperoleh informasi karena dapat dilakukan kapan dan di mana saja.
Atau
Dengan membaca pemahaman seseorang akan dengan cepat memperoleh informasi karena membaca dapat dilakukan kapan dan di mana saja serta dilakukan bila diperlukan.
2. Tanggapan negatif:
Memang sangat diperlukan kemampuan membaca pemahaman tetapi tidaklah semua oang dapat mengusainya dengan baik sehingga ttap saja sulit memahami isi bacaan.
Pelatihan
1. Dalam kenyataan masih banyak siswa yang belum memiliki kemampuan membaca pemhaman secara memadai. Hasil penelitian seseorang tahun 1992 membuktikan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa STM di Yogyakarta baru 30 %. Hal ini pulalah yang dijadikan sebagai bukti kegagalan pengajaran kemampuan membaca pemahaman kepada siswa tersebut atau belum memadai.
Tanggapan yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah...
a. Pantaslah siswa STM itu kemampuan membaca pemahamannya seperti itu karena mereka lebih mengutamakan praktik.
b. Rendah sekali kemampuan membaca pemahaman siswa STM tersebut dan perlu segera dicarikan solusinya.
c. Rendah sekali kemampuan membaca pemahaman siswa STM di Yogyakarta tersebut dan perlu segera dicarikan jalan keluarnya.
d. Tidak benar hasil penelitian tersebut dan tidak dapat dipertanggungjawabkan. Kapan penelitian itu dilaksanakan?
e. Hasil penelitian tersebut janganlah dijadikan kesimpulan untuk kemampuan seluruh siswa STM.
2. Menurut seorang dokter ahli kebidanan, wanita dapat hamil sejak usia 12 tahun hingga 45 tahun atau 50 tahun. Kehamilan yang terjadi pada masa reproduksi (subur) di baah 20 tahun dan di atas 50 tahun menibulkan risiko kematian yang tinggi. Angka kematian sangat tinggi pada ibu yang melahirkan ketika dia berumur kurang dari 20 tahun dan juga pada ibu yang berusia lebih dari 50 tahun.
Tanggapan positif yang tepat terhadap isi paragraf di atas adalah...
a. Wanita yang melahirkan dalam usia di baah 20 tahun berisiko tinggi karena itu perlu usaha penyadaran khususnya terhadap kaum wanita tentang risiko kematian tersebut.
b. Hamil dalam usia dini memang keinginannya sendiri. Tidak perlu kita mempersoalkan hal itu.
c. Wanita yang menikah pada usia di bawah 20 tahun tentu saja akan mengalami kematian dalam melahirkan.
d. Melahirkan merupakan proses persalinan yang memerlukan energi dan mental yang stabil karena itu ibu-iu harus siap-siap menghadapi itu.
e. Semua wanita pasti melahirkan. Janganlah takut dengan kematian meskipun menkah pada usia dini.
3. Tanggapan negatif yang tepat terhadap isi paragraf di atas adalah...
a. Memang kaum perempuan harus hati=hati dalam menentukan usia pernikahan karena hubungannya dengan proses kelahiran.
b. Masalah kematian adalah urusan Tuhan sehingga kaum wanita tidak perlu memikirkan usia pernikahan dan persalinan.
c. Meskipun kemayian ada di tangan Tuhan tetap saja kita harus melakukan usaha yang maksimal.
d. Walaupun kita melahirkan pada usia yang tepat, sesuai dengan pendapat ahli tadi, bila waktunya kita harus meninggal, kita tidak bisa melawan takdir.
e. Memeang benar hamil pada usia dini rentan dan berisiko kematian. Karena itu, rencanakan pernikahan dan kehamilan secara matang.
G. Tabel dan Grafik
Tebel adalah daftar angka dan atau data yang dituangkan ke dalam kolom-kolom yang dipadukan dengan tulisan berupa identitas angka atau data tersebut. Sedangkan grafik merupakan daftar angka atau data yang dituangkan dalam bentuk garis, titik, batang, dan sebagainya. Tabel dan grafik sebenarnya merupakan bentuk yang lebih efektif dan efisien dari bentuk uraian bahasa yang panjang lebar tentang suatu angka atau data. Membaca tabel dan grafik artinya memahami isi dan maksud tabel dan grafik tersebut dengan cara mengalihkan bentuk dari angka-angka menjadi uraian bahasa yang singkat, jelas, baik dan benar. Hal yang harus dierhatikan dalam membaca tabel dan grafik adalah judul, tulisan, angka-angka, dan keterangan yang terdapat pada tabel dan grafik tersebut.
Contoh 1:
Salah satu ekstrakurikuer di SMAN 2 Tasikmalaya adalah dekressi atau depot seni dan kreasi siswa. Dari tahun ke tahun anggotanya tidak stabil, kadang naik dan kadang turun. Tahun 2005, anggota dekressi cabang seni tradisonal 15 orang dengan rincian, perempuan 10 orang, laki-laki 5 orang. Cabang seni modern 35 orang dengan rincian 15 orang perempuan dan 20 orang laki-laki. Cabang teater 20 orang dengan rincian perempuan 15 orang, laki-laki 5 orang. Jumlah total 70 orang dengan rincian perempuan 35 dan laki-laki 35 orang. Tahun 2006, cabang seni tradisonal 20 orang dengan rincian 15 orang perempuan dan 5 orang laki-laki. Cabang seni modern 70 orang dengan rincian 20 orang perempuan dan 50 orang laki-laki. Cabang teater 20 orang dengan rincian perempuan 15 orang, laki-laki 5 orang. Jumlah total 110 orang dengan rincian perempuan 50 orang dan laki-laki 60 orang.
Data di atas bila dialihkan bentuknya ke dalam tabel akan lebih efektif dan lebih jelas seperti berikut.
TABEL ANGGOTA DEKRESSI TAHUN 2005 – 2006
Jenis Seni
Tahun 2005
Tahun 2006
Keterangan
L
P
L
P
1. Seni Tradisonal
5
10
15
5
2. Seni Modern
20
15
50
20
3. Seni Teater
5
15
5
15
Jumlah L/P
30
40
70
40
Jumlah Total
70
110
Dari Tabel di atas dapat dikemukakan berbagai pernyataan yang sesuai dengan isinya, misalnya:
1. Jumlah anggota dekressi perempuan tahun 2005 dan 2006 sama yaitu 40 orang;
2. Jumlah peminat seni tradional dan teater tahun 2005 dan 2006 lebih banyak perempuan;
3. Jumlah anggota laki-laki seni modern tahun 2005 sama dengan jumlah anggota perempuan tahun 2006 yaitu 20 orang;
4. Tiap tahun jumlah anggota teater perempuan di atas laki-laki;
5. dsb.
Contoh 2:
GRAFIK PERTUMBUHAN EKONOMI TAHUN 1997 – 2005
Bila dibaca grafik di atas akan menjadi uraian sebagai berikut.
Laju pertembuhan ekonomi yang mengalami kemajuan lebih besar, menurut grfik di atas, terjadi pada thun 2003 – 2004, yaitu 20 %. Dibandingkan dengan tahun-tahun yang lain, yang hanya 5 % sampai 10 %, bahkan terjadi penurunan pada tahun-tahun tertentu.
Pelatihan:
1. Tabel
Kata Berimbuhan
Makna
2. kekuatan, kesatuan
3. kedutaan, kerajaan
4. kehujanan, kepanasan
5. kelelahan, kecapaian
6. kebesaran, kepanjangan
1. hal/sifat
2. tempat
3. dikenai/menderita
4. perbuatan tidak disengaja
5. terlalu/intensitas
Makna imbuhan ke-an yang tidak tepat berdasarkan tabel di atas adalah nomor....
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
2. Grafik
Program Pemberantasan Buta Aksara di Indonesia
Tahun
Cara Pemberantasan Buta Aksara
1946
1951
1960
1960 – 1970
1970 – 1994
1995
2004
Kursus Pengetahuan Umum (KPU) A, B, C
Rencana 10 Tahun Pembeantasan Buta Huruf (PBH)
Komando Presiden untuk Menuntaskan BH s.d. 1964 kecuali Irja
Program Pemberantasan Buta Huruf Fungsional
Program Kejar Paket A
Program Keaksaraan Fungsional
SBY mencanangkan Gerakan Percepatan PBA (15 Desember 2004)
Pernyataan yang sesuai dengan isi tabel dan grafik di atas adalah...
a. Pemberantasan buta huruf pada tahun 1971 dilaksanakan melalui program kejar paket A.
b. Jumlah penduduk buta huruf pada tahun 1971 sama dengan tahun 1980 dan tahun 1990.
c. Jumlah penduduk buta huruf sampai dengan tahun 2003 paling banyak usia berusia 10 tahun.
d. Pemberantasan buta huruf mulai dilaksanakan pada tahun 1971 dan berakhir pada tahun 2004.
e. Pemberantasan buta huruf pada tahun 2000 dan 2003 sebanding dengan tahun 1990.
Na, anak-anakku! Pertemuan kali ini, sekian dulu ya? Pasti, lain kali kita sambung lho! Bahkan materinya bakal lebih hot, hot, hooot! Key? Daaaaaaaaaggg......!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar